PEMILIHAN DAN
PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN PEABODY
Untuk
pengembangan kemampuan berbahasa ini, kakak beradik Elizabeth Peabody membuat
boneka tangan. APE ini terdiri atas dua boneka tangan yang berfungsi sebagai
tokoh mediator yaitu tokoh P. Mooney dan Joey. Boneka tersebut dilengkapi papan
magnet, gambar-gambar, piringan hitam berisi lagu dan tema cerita serta kantong
pintar sebagai pelengkap.
APE
karya Peabody ini memberikan program pengetahuan dasar yang mengacu pada aspek
pengembangan bahasa yaitu kosa kata yang dekat dengan anak. Oleh karena itu
tematemayang dipilih dan diramu harus sesuai dengan pengetahuan dan budaya anak
setempat. Walaupun tokohnya tidak menggunakan P Mooney dan Joey tetapi jenis
APE ini mengilhami pembuatan boneka tangan yang dikembangkan di Indonesia.
Boneka tangan yang dimainkan dengan tangan ini dikembangkan dengan menggunakan
panggung boneka yang dilengkapi layar yang dapat diganti sesuai cerita
anak-anak TK di Indonesia.
Alat permainan
ini diciptakan untuk membantu anak dalam pengembangan bahasa secara intensif
yaitu pengenalan bentuk, warna serta berbagai kosa kata yang dekat dengan anak.
Sistem pengulangan yang diberikan dengan berbagai variasi membuat anak tidak
bosan sekalipun mereka sudah mengetahuinya. Penggunaan imajinasi akan membantu
anak menguasai dan mengembangkan kreativitasnya. Alat permainan berupa boneka
tangan ini dapat dipergunakan untuk mengungkap berbagai perasaan anak. Perasaan
yang biasa dirasakan anak dalam kehidupan sehari-harim kecemasan, ketakutan,
perasaan senang, harapan, perasaan mencekam, kesedihan dan lain-lain teruangkap
dengan penuh spontanitas sesuai dengan jiwa anak.
Dalam perangkat APE
Peabody tersebut terdapat banyak benda mainan, seperti boneka dua tangan
yang berfungsi sebagai mediator, yaitu P.Moone dan Zoey, satu
tongkat ajaib, satu kantong pintar, Papan magnet, seperangkat bentuk yang
terbuat dari logam atau piringan hitam yang berisi lagu maupun cerita, dan
berbagai gambar untuk meningkatkan kosakata serta konsep lainnya.
Berbagai alat permainan
edukatif tersebut diprogram, sehingga dapat memberikan pengetahuan dasar yang
mengacu pada pengembangan bahasa secara intensif, yaitu pengenalan bentuk,
warna serta berbagai kosakata yang sederhana dan mudah dipahami anak.
Tema tema yang
dipilih dan diramu oleh guru harus relevan dengan pengetahuan anak dari
berbagai macam budaya. Dengan metode ini, berbagai perasaan anak akan
terungkap. Perasaan yang biasa dirasakan anak dalam kehidupan sehari hari,
kecemasan, ketakutan, perasaan senang, harapan, perasaan mencekam, kesedihan
dan lain lain terungkap dengan penuh spontanitassesuai dengan jiwa anak.
Peabody boleh disebut
pelapor pengembangan bahasa. Dalam pengembangan pendidikan dan tumbuhnya berbagai teknologi meodern,
kadang kadang dipakai sebagai tambahan saja karena tetap dikembalikan kepada
pendidik. Yang menarik adalah pengetahuan ini berdifat mendasar, maka dapat
dipakai oleh setiap kebudayaan.
A.
Jenis
jenis alat permainan yang diciptakan peabody
Jenis jenis alat permainan yang
diciptakan oleh peabody diantaraya:
1. Boneka
tangan
Cirri-ciri
boneka tangan :
·
Terbuat
dari kain perca
·
Bisadimasukkan
tanggan
ke dalam boneka.
·
Tangan
dapat bergerak bebas didalam boneka
·
Untukbagian
kepala 3 jari
dapat dimasukkan
·
Jari
kelingking
dan jempol mengerakkan tangan
dari boneka
·
Kepalanya bisa dari
bola
2. Boneka
jari
Ciri-ciri boneka jari
·
Terbuat dari kain
perca
·
Satu jari bisa masuk
3. Satu
tongkat bola ajaib
Ciri-ciri
tongkat
ajaib :
·
Panjang
tongkat sesuai
yang diinginkan
·
Biasanya
tongkat
terbuat
dari kayu atau besi
·
Biasanya
diujung
atas tongkat terdapat sebuah gambar (biasanya gambar
yang sering kita
temukan
adalah gambar bintang.
4. Satu
kantong pintar
Ciri-ciri
kantong
pintar :
·
Terbuat
dari kain
·
Bisa
dimasukkan
sesuatu
didalamnya
yang dapat membuat anak pintar
·
Biasanya di
bagian atas
kantong
berlubang
·
Ukuran
kantong
kurang lebih 15 cm
·
Biasanya
didalam
kantong
terdapat
kartu-kartu
bergambar
sesuai dengan tema
5. Seperangkat
kartu
gambar,
Ciri-ciri
kartu gambar :
·
Terbuat
dari kertas
·
di kertas
biasanya
terdapat
gambar
·
berbentuk
seperti
kartu
A.
Pembuatan
alat permainan peabody
1. Pembuatan
boneka tangan
Bahan yang diperlukan:
ü kain
perca
ü gunting
ü jarum
ü benang
sulam
Teknik
Pembuatan :
ü Kain
perca di bentuk dan digunting sesuai pola yang diinginkan
ü Potongan
kain tergantung
ü Penyelesaian
boneka dijahit.
Contoh gambar
boneka tangan:
2. Pembuatan boneka jari
Bahan yang di perlukan :
·
Kain perca
·
Kepala boneka
Teknik pembuatan :
·
Kain perca dibentuk seukuran jari
·
Kepala boneka langsung di jahit dengan kain perca tersebut
·
Contoh gambar boneka jari
3. Pembuatan
tongkat bola ajaib
Alat/ Bahan
yang disediakan
ü Stik/kayu
yang berukuran 30 cm
ü Kain
perca
Teknik
pembuatan
ü Lilitkan
kain perca pada stik/kayu hingga semua bagian tertutup
ü Tempelkan
bola yang telah dilubangi pada ujung stik /kayu
ü Tongkat
ajaib siap digunakan
ü contoh gambar tongkat
ajaib:
4. Pembuatan
kotak pintar/kantong pintar
Alat/bahan yang
disediakan :
ü Kardus/
karton/kain
kecil berukuran 15 X 6 cm
ü Kertas
kado secukupnya
ü Lem
ü Jarumdanbenang
ü pita
Teknik
pembuatan
ü Bungkus
kotak dengan menggunakan kertas kado
ü rekatkan
kertas dengan menggunakan lem
ü hiasi
kotak ajaib sesuai dengan keinginan
ü kotak
ajaib siap digunakan
kantongajaib
5. Pembuatan
kartu gambar
Alat/bahan
yang disediakan
ü Pensil
ü penghapus
ü Kertas
ü Spidol
warna
ü Rol
ü Peraut
Teknik
pembuatan :
ü Buat
pola gambar yang diinginkan pada kertas
ü Warnai
gambar yang telah dipola
ü Gambar
siap digunakan
Contoh gambar :
6.
Pembuatan boneka jari
Alatdanbahan:
ü
Kain perca
ü
Benang dan jarum
ü
Gunting
ü
Kepala boneka yang bisa masuk satu
jari
Teknik pembuatan
ü
Potong kain perca seukuran jari
ü
jahit pinggirnya hingga melingkar pada jari
ü
boneka siap digunakan
B. Penggunaan
alat permainan peabody
1. Boneka tangan
Cara
Penggunaan :
ü Sebagai
pendahuluan, guru menyebutkan judul cerita untuk menarik minat anak
ü Guru
memasang boneka tangan
pada tangannya
ü guru
memberi kesempatan kepada anak untuk mengikuti jalannya cerita dengan mendengarkan
dialog
ü guru
menggerakkan boneka jari dengan jalan menggerakkan jari ketika tokoh cerita
sedang dialog
ü guru
menjawab pertanyaan dan menanggapi komentar anak agar lebih menghayati cerita
ü guru
memberi kesempatan pada anak untuk menceritakan kembali (mengkomunikasikan
cerita yang menggunakan bonela jari denganbahasa sendiri secara individual
ü guru
memupuk dan mendorong keberanian anak menceritakan kembali cerita yang di
dengar.
Ceritanya :
Pada pukul 07.30 Upin dan Ipin berangkat ke sekolahnya,Upin
dan Ipin berjalan ke sekolahnya karena jarak rumah dari sekolah itu tidak
begitu jauh.Di dalam perjalanan menuju sekolah tersebut Upin dan Ipin jajan di
warung membeli kue,Ketika Upin dan Ipin melanjutkan perjalanan menuju
sekolahnya Ipin membuka kue yang ia beli tadi dan membuang sampahnya di selokan
yang ada di dekat jalan tersebut.
Upin : Ipin kenapa kamu buang sampah ke selokan itu?
Ipin : Kan tidak ada orang yang marah Upin,Kamu diam-diam
saja ya?
Upin : Kamu tidak boleh membuang sampah sembarangan saja
Ipin,Kata bu guru buang sampah itu pada tempatnyakan?
Ipin : Ah sudahlah,ayo kita lanjutkan perjalanan kita ke
sekolah
Upin : Asal kamu tahu sampah yang kamu buang ke selokan tadi
itu akan bisa menyebabkan banjir.
Ipin : Mengapa kamu bilang begitu?akukan Cuma satu membuang
sampah kesana
Upin :Iya Ipin,lama kelamaan jika setiap orang membuang satu
sampahnya disana,akan banyak jadinya dan akan terjadi banjir.Karena selokan
tersebut tersumbat.Dan ibu guru juga mengajarkan kita untuk menjaga lingkungan.
Ipin :Iya upin,besok tidak saya buang lagi kok.Saya akan
buang sampah pada tong sampah lagi.(Akhirnya Upin dan Ipin sampai di
sekolahnya)
Cerita di atas temanya adalah lingkungan,guru dapat
menanamkan sikap peduli anak terhadap lingkungan dan kebersihan lingkungan.
2.
Boneka jari
Cara
penggunaan:
·
Guru memperagakan
boneka jari kepada anak didiknya
·
Guru memberi tahu tema
hari ini adalah buah-buahan anak-anak
·
Guru memberi tahu
boneka ini akan menjadi ibu guru ,yang akan bercerita kepada anak ibuk semua
·
Setelah selesei boneka
bercerita guru menanyakan kepada anak tentang yang disampaikan boneka tadi.
Selamat pagi anak-anak...Sekarang kita belajar tentang
buah-buahan.Buah-buahan apa saja yang anak ibuk ketahui?Anak akan menjawab
dengan bermacam buahan. Sekarang ibuk punya nyanyi tentang buaha-buahan dalam
bahasa inggris,dengarkan ibuk ya?
Fruits
Banana
banana itu pisang
Tomato
tomato itu tomat
Pineapple
pineapple itu nenas
Watermelon
hai..hai..itu semangka....
Dari nyanyi buah tadi pisang itu bahasa inggrisnya adalah
banana, tomat bahasa inggrisnya tomato, nenas bahasa inggrisnya pineapple dan
semangka bahasa inggrisnya watermelon...
Jadi dari tema buah-buahan tadi guru dapat mengembangkan
aspek bahasa anak dan motorik halus anak.
3. Satu
tongkat bola ajaib
Cara
pengunaannya:
Pada saat drama
antara dua boneka, salah satu dari tokoh drama menggunakan tongkat ajaib untuk
mengeluarkan benda benda dari kantong ajaib, di sini guru dapat melatih
kemampuan berbahasa anak karena anak di ajak untuk menebak apa yang akan keluar
dari kantong ajaib.
4. Satu
kantong pintar
Cara penggunaannya :
Guru
menggunakan kantong pintar untuk menyimpan benda benda yang akan di tebak oleh
anak anak
5. Seperangkat
gambar gambar,
Cara
penggunaannya :
Anak di suruh
satu persatu ke depan mengambil satu kartu yang ada di dalam kantong pintar dan
anak di minta menceritakan apa gambar yang dia dapat,dan kemudian guru bertanya
kepada anak tentang gambar yang anak dapat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar