Selasa, 04 Desember 2012

ALAT PERMAINAN PEABODI

PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN PEABODY
Untuk pengembangan kemampuan berbahasa ini, kakak beradik Elizabeth Peabody membuat boneka tangan. APE ini terdiri atas dua boneka tangan yang berfungsi sebagai tokoh mediator yaitu tokoh P. Mooney dan Joey. Boneka tersebut dilengkapi papan magnet, gambar-gambar, piringan hitam berisi lagu dan tema cerita serta kantong pintar sebagai pelengkap.
APE karya Peabody ini memberikan program pengetahuan dasar yang mengacu pada aspek pengembangan bahasa yaitu kosa kata yang dekat dengan anak. Oleh karena itu tematemayang dipilih dan diramu harus sesuai dengan pengetahuan dan budaya anak setempat. Walaupun tokohnya tidak menggunakan P Mooney dan Joey tetapi jenis APE ini mengilhami pembuatan boneka tangan yang dikembangkan di Indonesia. Boneka tangan yang dimainkan dengan tangan ini dikembangkan dengan menggunakan panggung boneka yang dilengkapi layar yang dapat diganti sesuai cerita anak-anak TK di Indonesia.
Alat permainan ini diciptakan untuk membantu anak dalam pengembangan bahasa secara intensif yaitu pengenalan bentuk, warna serta berbagai kosa kata yang dekat dengan anak. Sistem pengulangan yang diberikan dengan berbagai variasi membuat anak tidak bosan sekalipun mereka sudah mengetahuinya. Penggunaan imajinasi akan membantu anak menguasai dan mengembangkan kreativitasnya. Alat permainan berupa boneka tangan ini dapat dipergunakan untuk mengungkap berbagai perasaan anak. Perasaan yang biasa dirasakan anak dalam kehidupan sehari-harim kecemasan, ketakutan, perasaan senang, harapan, perasaan mencekam, kesedihan dan lain-lain teruangkap dengan penuh spontanitas sesuai dengan jiwa anak.
Dalam perangkat APE Peabody tersebut terdapat banyak benda mainan, seperti boneka dua tangan yang  berfungsi sebagai mediator, yaitu P.Moone dan Zoey, satu tongkat  ajaib, satu kantong pintar, Papan magnet, seperangkat bentuk yang terbuat dari logam atau piringan hitam yang berisi lagu maupun cerita, dan berbagai gambar untuk meningkatkan kosakata serta konsep lainnya.
Berbagai alat permainan edukatif  tersebut diprogram, sehingga dapat memberikan pengetahuan dasar yang mengacu pada pengembangan bahasa secara intensif, yaitu pengenalan bentuk, warna serta berbagai kosakata yang sederhana dan mudah dipahami anak.
Tema tema yang dipilih dan diramu oleh guru harus relevan dengan pengetahuan anak dari berbagai macam budaya. Dengan metode ini, berbagai perasaan anak akan terungkap. Perasaan yang biasa dirasakan anak dalam kehidupan sehari hari, kecemasan, ketakutan, perasaan senang, harapan, perasaan mencekam, kesedihan dan lain lain terungkap dengan penuh spontanitassesuai dengan jiwa anak.

Peabody boleh disebut pelapor pengembangan bahasa. Dalam pengembangan pendidikan  dan tumbuhnya berbagai teknologi meodern, kadang kadang dipakai sebagai tambahan saja karena tetap dikembalikan kepada pendidik. Yang menarik adalah pengetahuan ini berdifat mendasar, maka dapat dipakai oleh setiap kebudayaan.


A.   Jenis jenis alat permainan yang diciptakan peabody
Jenis jenis alat permainan yang diciptakan oleh peabody diantaraya:
1.      Boneka tangan
Cirri-ciri boneka tangan :
·         Terbuat dari kain perca
·         Bisadimasukkan tanggan ke dalam boneka.
·         Tangan dapat bergerak bebas didalam boneka
·         Untukbagian kepala 3 jari dapat dimasukkan
·         Jari kelingking dan jempol mengerakkan tangan dari boneka
·         Kepalanya bisa dari bola
2.      Boneka jari
Ciri-ciri boneka jari
·         Terbuat dari kain perca
·         Satu jari bisa masuk
3.      Satu tongkat bola ajaib
Ciri-ciri tongkat ajaib :
·         Panjang tongkat sesuai yang diinginkan
·         Biasanya tongkat terbuat dari kayu atau besi
·         Biasanya diujung atas tongkat terdapat sebuah gambar (biasanya gambar yang sering kita temukan adalah gambar bintang.
4.      Satu kantong pintar
Ciri-ciri kantong pintar :
·         Terbuat dari kain
·         Bisa dimasukkan sesuatu didalamnya yang dapat membuat anak pintar
·         Biasanya di bagian atas kantong berlubang
·         Ukuran kantong kurang lebih 15 cm
·         Biasanya didalam kantong terdapat kartu-kartu bergambar sesuai dengan tema

5.      Seperangkat kartu gambar,
Ciri-ciri kartu gambar :
·         Terbuat dari kertas
·         di kertas biasanya terdapat gambar
·         berbentuk seperti kartu

A.   Pembuatan alat permainan peabody

1.      Pembuatan boneka tangan
Bahan yang diperlukan:
ü  kain perca
ü  gunting
ü  jarum
ü  benang sulam
Teknik Pembuatan :
ü  Kain perca di bentuk dan digunting sesuai pola yang diinginkan
ü  Potongan kain tergantung
ü  Penyelesaian boneka dijahit.
Contoh gambar boneka tangan:

2.      Pembuatan boneka jari
Bahan yang di perlukan :
·         Kain perca
·         Kepala boneka
Teknik pembuatan :
·         Kain perca dibentuk seukuran jari
·         Kepala boneka langsung di jahit dengan kain perca tersebut
·         Contoh gambar boneka jari


3.      Pembuatan tongkat bola ajaib
Alat/ Bahan yang disediakan
ü  Stik/kayu yang berukuran 30 cm
ü  Kain perca
Teknik pembuatan
ü  Lilitkan kain perca pada stik/kayu hingga semua bagian tertutup
ü  Tempelkan bola yang telah dilubangi pada ujung stik /kayu
ü  Tongkat ajaib siap digunakan
ü  contoh gambar tongkat ajaib:








4.      Pembuatan kotak pintar/kantong pintar
Alat/bahan yang disediakan :
ü  Kardus/ karton/kain kecil berukuran 15 X 6 cm
ü  Kertas kado secukupnya
ü  Lem
ü  Jarumdanbenang
ü  pita
Teknik pembuatan
ü  Bungkus kotak dengan menggunakan kertas kado
ü  rekatkan kertas dengan menggunakan lem
ü  hiasi kotak ajaib sesuai dengan keinginan
ü  kotak ajaib siap digunakan
kantongajaib

5.      Pembuatan kartu gambar
Alat/bahan yang disediakan
ü  Pensil
ü  penghapus
ü  Kertas
ü  Spidol warna
ü  Rol
ü  Peraut
Teknik pembuatan :
ü  Buat pola gambar yang diinginkan pada kertas
ü  Warnai gambar yang telah dipola
ü  Gambar siap digunakan
Contoh gambar :

6.      Pembuatan boneka jari
Alatdanbahan:
ü  Kain perca
ü  Benang dan jarum
ü  Gunting
ü  Kepala boneka yang bisa masuk satu jari

Teknik pembuatan
ü  Potong kain perca seukuran jari
ü  jahit pinggirnya hingga melingkar pada jari
ü  boneka siap digunakan

B.      Penggunaan alat permainan peabody
1.       Boneka tangan
Cara Penggunaan :
ü  Sebagai pendahuluan, guru menyebutkan judul cerita untuk menarik minat anak
ü  Guru memasang boneka tangan pada tangannya
ü  guru memberi kesempatan kepada anak untuk mengikuti jalannya cerita dengan mendengarkan dialog
ü  guru menggerakkan boneka jari dengan jalan menggerakkan jari ketika tokoh cerita sedang dialog
ü  guru menjawab pertanyaan dan menanggapi komentar anak agar lebih menghayati cerita
ü  guru memberi kesempatan pada anak untuk menceritakan kembali (mengkomunikasikan cerita yang menggunakan bonela jari denganbahasa sendiri secara individual
ü  guru memupuk dan mendorong keberanian anak menceritakan kembali cerita yang di dengar.
Ceritanya :
Pada pukul 07.30 Upin dan Ipin berangkat ke sekolahnya,Upin dan Ipin berjalan ke sekolahnya karena jarak rumah dari sekolah itu tidak begitu jauh.Di dalam perjalanan menuju sekolah tersebut Upin dan Ipin jajan di warung membeli kue,Ketika Upin dan Ipin melanjutkan perjalanan menuju sekolahnya Ipin membuka kue yang ia beli tadi dan membuang sampahnya di selokan yang ada di dekat jalan tersebut.
Upin : Ipin kenapa kamu buang sampah ke selokan itu?
Ipin : Kan tidak ada orang yang marah Upin,Kamu diam-diam saja ya?
Upin : Kamu tidak boleh membuang sampah sembarangan saja Ipin,Kata bu guru buang sampah itu pada tempatnyakan?
Ipin : Ah sudahlah,ayo kita lanjutkan perjalanan kita ke sekolah
Upin : Asal kamu tahu sampah yang kamu buang ke selokan tadi itu akan bisa menyebabkan banjir.
Ipin : Mengapa kamu bilang begitu?akukan Cuma satu membuang sampah kesana
Upin :Iya Ipin,lama kelamaan jika setiap orang membuang satu sampahnya disana,akan banyak jadinya dan akan terjadi banjir.Karena selokan tersebut tersumbat.Dan ibu guru juga mengajarkan kita untuk menjaga lingkungan.
Ipin :Iya upin,besok tidak saya buang lagi kok.Saya akan buang sampah pada tong sampah lagi.(Akhirnya Upin dan Ipin sampai di sekolahnya)
Cerita di atas temanya adalah lingkungan,guru dapat menanamkan sikap peduli anak terhadap lingkungan dan kebersihan lingkungan.

2.      Boneka jari
Cara penggunaan:
·         Guru memperagakan boneka jari kepada anak didiknya
·         Guru memberi tahu tema hari ini adalah buah-buahan anak-anak
·         Guru memberi tahu boneka ini akan menjadi ibu guru ,yang akan bercerita kepada anak ibuk semua
·         Setelah selesei boneka bercerita guru menanyakan kepada anak tentang yang disampaikan boneka tadi.

Selamat pagi anak-anak...Sekarang kita belajar tentang buah-buahan.Buah-buahan apa saja yang anak ibuk ketahui?Anak akan menjawab dengan bermacam buahan. Sekarang ibuk punya nyanyi tentang buaha-buahan dalam bahasa inggris,dengarkan ibuk ya?
                                   Fruits
                 Banana banana itu pisang
                 Tomato tomato itu tomat
                 Pineapple pineapple itu nenas
                 Watermelon hai..hai..itu semangka....
Dari nyanyi buah tadi pisang itu bahasa inggrisnya adalah banana, tomat bahasa inggrisnya tomato, nenas bahasa inggrisnya pineapple dan semangka bahasa inggrisnya watermelon...
Jadi dari tema buah-buahan tadi guru dapat mengembangkan aspek bahasa anak dan motorik halus anak.
                  
3.      Satu tongkat bola ajaib
Cara pengunaannya:
Pada saat drama antara dua boneka, salah satu dari tokoh drama menggunakan tongkat ajaib untuk mengeluarkan benda benda dari kantong ajaib, di sini guru dapat melatih kemampuan berbahasa anak karena anak di ajak untuk menebak apa yang akan keluar dari kantong ajaib.
4.      Satu kantong pintar
Cara penggunaannya :
Guru menggunakan kantong pintar untuk menyimpan benda benda yang akan di tebak oleh anak anak
5.      Seperangkat gambar gambar,
Cara penggunaannya :
Anak di suruh satu persatu ke depan mengambil satu kartu yang ada di dalam kantong pintar dan anak di minta menceritakan apa gambar yang dia dapat,dan kemudian guru bertanya kepada anak tentang gambar yang anak dapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar