Rabu, 21 November 2012

Pentingnya Pembelajaran komputer Untuk Anak Usia Dini



 Pentingnya pembelajaran komputer untuk anak usia dini

Dengan perkembangan zaman yang sudah canggih dan maju,pembelajaran komputer hendaknya di dapatkan oleh anak sejak usia dini.Untuk mendidik anak pada usia dini, kita harus menyajikan materi yang akan kita ajarkan semenarik mungkin,salah satunya dengan komputer.
Dengan komputer, proses belajar anak akan terasa sangat menyenangkan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi, dengan komputer kita bisa memasukkan program-program edukasi yang cocok untuk pendidikan anak pada usia dini. Dengan komputer pula, kita sebagai pendidik akan merasa sangat terbantu dengan penyampaian yang disajikan oleh komputer tanpa meragukan hasil yang kurang optimal. Adanya tampilan gambar warna-warni yang dapat bergerak serta didukung dengan suara atau nyanyian yang riang gembira dapat merangsang anak untuk lebih betah bermain sambil belajar. Karena hanya metode bermain sambil belajarlah yang cocok diberikan kepada anak usia dini.
Saat usia anak tersebut masih muda atau dini , di saat itulah mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sekitarnya dan daya ingat yang luar biasa.. Di saat ini juga anak akan mengenali segala sesuatu yang ia temui, kemudian akan ditanamkan dalam pemikirannya. Oleh karena itu , di masa seperti ini dikenalkan pembelajaran komputer kepada anak dan perlu pengarahan dari pendidik ,agar anak bisa terarah cara berfikirnya terhadap apa yang ada disekitarnya. Jika dalam masa ini anak tidak  diberikan pengarahan dan pembelajaran , maka akan berdampak kepada cara berfikir mereka saat dewasa.

Para ahli sendiri masih berbeda pendapat mengenai pada usia berapa seorang anak sebaiknya mengenal komputer.Apakah orang tua sebaiknya menganjurkan anaknya terlebih dahulu puas bermain di masa kanak-kanaknya, sebelum mereka mengenal dunia „artificial intelligence“ yang sulit namun penuh kreativitas? Atau, apakah anak-anak usia tamankanak-kanak sudah diharuskan bermain dengan media baru ini mengingat masa itu hanya terjadi sekali seumur hidup?Komputer saat ini memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan pada dekade mendatang akan berperan jauh lebih
besar lagi dalam kehidupan kita. Bagi anak-anak, komputer merupakan salah satu dari banyak media pengisi waktu
luang yang tersedia di rumah. Mereka memiliki perhatian pada komputer sebagaimana terhadap televisi dan radio. Anakanak sekarang sudah terbiasa dengan kemajuan teknologi.
Banyak orang tua khawatir bahwa anaknya akan menjadi ketagihan dalam menggunakan teknologi tersebut, namun hal ini tidak beralasan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak kecil yang sehari-harinya bermain komputer tetap bisa bersosialisasi. Pada umumnya mereka memiliki banyak teman, aktif berolah raga dan keingintahuan yang besar pada ilmu pengetahuan. Semua itu menunjukkan bahwa mereka masih berinteraksi dengan „dunia nyata“. Namun adalah sangat penting untuk mendidik anak agar memiliki rasa tanggung jawab dan memanfaatkan media dengan sebaikbaiknya.

Analisis : 
Tentu saja pembelajaran komputer untuk anak usia dini sangat penting,karena perkembangan zaman dan teknologi semakin maju.Jika dari usia dini kita mengenalkan komputer kepada anak,anak akan mudah dalam pendidikan selanjutnya.Pada usia dini anak punya rasa ingin tahu yang tinggi dan anak mudah menyerap pembelajaran yang diberikan untuk itu hendaknya pembelajaran komputer diberikan sejak usia dini.
Sebagai orang tua kita hendaknyadapat mengawasi anaknya dalam menggunakan komputer,jika ada anak yang kecanduan bermain game tersebut,sebagai orang tua kita harus mampu mengatasi masalah itu.Orang tua harus membagi waktu untuk anak dalam menggunakan komputer di rumah.Guru juga harus memberikan arahan kepada anak tentang fungsi komputer tersebut karena jika kelamaan bermain komputer mata anak juga dapat rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar