Rabu, 21 November 2012

Pembentukan karakter anak usia dini

Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini

Tahukah anda jika karakter anak bisa dibentuk? Seorang anak membentuk karakternya pada usia 0-6 tahun, atau yang biasa kita sebut masa golden age. Di masa golden age ini, otak anak berkembang dengan pesat dan menyerap semua informasi yang dilihat dan didengar olehnya. Semua hal yang masuk ke dalam otaknya akan membentuk karakter dan karakter akan membentuk kepribadian.
Orang tua sebaiknya memanfaatkan masa golden age ini dengan maksimal. Bisa dibilang kesuksesan anak ditentukan dari pembentukan karakter di masa ini. Berikanlah pengaruh positif pada anak sehingga anak bisa bersikat positif saat dia besar nanti. Misalnya dengan memberikan anak pujian atas keberhasilannya atau meminta anak untuk menolong / membantu orang lain. Namun terkadang tanpa sadar kita juga menjatuhkan kepercayaan diri anak dengan bersikap negatif, seperti membentak, membodohi anak saat gagal mengerjakan sesuatu. Pengaruh positif yang orang tua berikan akan membuat anak memiliki kepercayaan diri lebih saat bersosialisasi dengan lingkungan disekitarnya kelak.
Dalam membentuk karakter pada anak, diperlukan tiga aspek yaitu hubungan antara anak dengan diri sendiri, hubungan antara anak dengan orang lain / lingkungan sekitarnya, hubungan antara anak dengan Tuhan. Dalam hubungan anak dengan diri sendiri, anak belajar untuk mengenal dirinya. Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Ajak anak untuk menyadari dan mengasah kelebihan yang ada pada dirinya dan menerima kekurangan yang ada dalam dirinya. Sedangkan pada hubungan anak dengan lingkungan sekitarnya, anak belajar untuk melihat dan menerima kebutuhan orang lain. Anak juga belajar untuk bersosialisasi dan mengalah. Yang tidak kalah penting adalah hubungan anak dengan Tuhan, yang mengajarkan tentang spiritual antara anak dengan penciptanya. Ketiga aspek inilah yang akan menentukan dan membentuk karakter anak pada usia dini.

Analisis :
Membentuk karakter anak hendaklah sedini mungkin,dari dalam kandungan orang tua sudah dapat membentuk karakter anaknya, orang tua ketika hamil hendaklah melakukan perbuatan yang baik-baik,soalnya karakter anak sudah mulai terbentuk dari dalam kandungan.Menurut aktikel ini membentuk artikel anak mulai dari 0-6 tahun,saya sangat setuju dengan artikel ini,soalnya pada usia itu anak lebih mudah menyerap dan mengingat apa yang kita berikan.Menurut saya aspek yang terpenting itu adalah mengajarkan tentang spiritual antara anak dengan penciptanya,anak kita ajarkan untuk sholat dan membaca al-quran,Setelah itu baru anak mampu mengenal dirinya tentang kelebihan dan kekurangan yang anak miliki dan yang terakhir anak diajarkan untuk bersosialisasi dengan orang lain.Orang tua harus memberi arahan kepada anak kita hidup itu harus saling tolong menolong,Jadi intinya disini jika orang tua ingin karakter anak itu baik,maka orang tua harus mampu membentuk karakter anak dari dalam kandungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar